Tips Aman Yang Harus di Perhatikan Saat Akan Mendaki Gunung

Euforia mendaki gunung terkadang membuat kita terlena dan miss bahkan sampai ke hal-hal sepele. Tujuan utama dalam mendaki gunung memang sampai ke puncaknya namun juga tetap harus bisa membuat kita kembali ke rumah. Apabila ingin melakukan pendakian Anda juga harus melakukan persiapan yang matang. Jangan malah saking tak sabarnya sampai lupa akan hal-hal ini.

Tips Aman Saat Mendaki Gunung

Tips Aman Yang Harus di Perhatikan Saat Akan Mendaki Gunung

Ada beberapa tips yang harus dilakukan saat akan mendaki gunung, yakni;

  • Persiapan Fisik dan Mental

Mendaki gunung pastilah akan menjadi perjalanan panjang. Selain karena medannya yang naik turun, cuaca disana pun tak dapat diprediksi. Karena itulah sangat penting mempersiapkan fisik dan mental Anda. Adapun persiapan fisik yang sebaiknya Anda lakukan adalah dengan olahraga teratur paling tidak satu bulan sebelum keberangkatan sebagai salah satu cara menjaga kesehatan tubuh. Karena olahraga akan membuat tubuh Anda terbiasa hingga menghindari terjadinya kram. Anda tidak ingin menyusahkan teman-teman, bukan?

  • Cek Kembali Perlengkapan Pendakian

Mendaki gunung bukan hanya soal menggunakan fisik. Anda juga harus mempersiapkan alat-alat pendakian seperti tenda, sleeping bag, sepatu hiking, jaket yang sesuai dengan ketinggian, alat memasak, jenis makanan dan minuman, obat-obatan dan masih banyak lagi. Karena mendaki gunung merupakan kegiatan yang ekstrim, pastikan tidak ada perlengkapan yang tertinggal karena bisa membuatmu kelimpungan.

  • Kenali Gejala AMS

AMS merupakan singkatan dari Acute Mountain Sickness atau penyakit ketinggian di atas gunung. AMS diketahui terbagi menjadi tiga bagian yakni tingkat ringan, sedang sampai berat. Adapun gejala yang muncul seperti sakit kepala, mual, kehilangan nafsu makan, sesak nafas, tidur terganggu dan lain-lain. Sementara solusinya adalah pendaki harus tetap sadar dan melakukan aktivitas ringan. Jangan malah mendaki ke tempat yang lebih tinggi. Apabila gejala semakin parah, disarankan untuk turun ke tempat yang lebih rendah.

  • Waktu Pendakian dan Cuaca

Sebagai pendaki, sangat tidak disarankan apabila melakukan pendakian di musim hujan. Karena biasanya track pendakian akan menjadi sangat licin. Belum lagi adanya badai gunung yang bisa saja menghampiri tanpa tau waktu. Maka dari itu, perhatikanlah waktu dan cuaca saat kamu hendak mendaki gunung bersama teman.

  • Taati Aturan Pendakian dan Aturan Alam

Hidup saja memiliki aturan apalagi dalam melakukan pendakian. Mendaki gunung sama saja dengan menjadi tamu disana. Sudah semestinya kita patuhi dan taati aturan-aturan yang ada. Sebelum melakukan pendakian, biasanya akan diberikan arahan terlebih dahulu oleh petugas BKSDA ataupun petugas yang memegang tanggung jawab di tempat pendakian tersebut. Saat arahan itu biasanya petugas akan teliti memperhatikan peralatan pendakian seperti jas hujan, jaket gunung, sepatu tracking dan kelengkapan lain. Pastikan Anda fokus saat arahan tersebut.

  • Bawa Kembali Sampahmu

Semakin bertambahnya hari, semakin bertambah pula jumlah pendaki pegunungan. Dari sini dapat terlihat bahwa minat masyarakat terhadap pendakian gunung meningkat sehingga gunung-gunung ramai dikunjungi. Namun tetap saja ada efek negatif yang terjadi yakni banyaknya sampah di gunung akibat pendaki yang tak paham akan aturan.

Gunung sudah seharusnya menjadi tempat yang asri dan damai serta bersih. Tapi malah harus tercemari oleh pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab karena sampah-sampah tersebut. Oleh sebab itu sekarang pendaki diwajibkan membawa trashbag guna mengumpulkan sampah yang dihasilkan selama pendakian. Trashbag itu pun harus dibawa turun.

Harapan kedepannya semoga pendaki-pendaki gunung sekarang bisa lebih aman dan tertib dalam melakukan pendakian ya agar tidak merugikan bangsa dengan tercemarnya gunung-gunung di Indonesia.Semoga artikel ini dapat membantu dan menginspirasi siapa saja yang ingin melakukan aktivitas mendaki gunung dengan aman.

Silahkan beri penilaian untuk artikel ini:

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (3 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

Klik icon dibawah untuk Membagikan Tulisan ini

Leave a Comment