Peluang Usaha Ternak Modal Kecil yang Menguntungkan di Lahan Sempit

Usaha peternakan menjadi primadona yang menguntungkan, Meskipun keterbatasan lahan sering kali menjadi pertimbangan dalam memulai bisnis peternakan. Namun, dengan lahan yang sempit pun tetep bisa memulai bisnis yang menjanjikan ini.

Keadaan lahan yang sempit membuat kebanyakan orang enggan memulai bisnis peternakan ini. Padahal permintaan pasar akan ternak tertentu bukan hanya tinggi, namun malah jauh melebihi hasil produksi peternak itu sendiri.

Peluang Usaha Ternak Modal Kecil yang Menguntungkan di Lahan Sempit

Untuk masalah lahan yang sempit, salah satu solusinya adalah dengan mencari ternak yang menguntungkan di lahan sempit. modal yang dikeluarkan pun juga tidak terlalu besar karena tidak ada biaya untuk beli atau sewa lahan. Berikut ini jenis ternak yang menguntungkan di lahan sempit dengan modal kecil yang bisa anda coba.

1. Ternak Kambing

Ternak Kambing

Daging kambing semakin hari permintaan makin tinggi terutama untuk usaha restoran. Apalagi saat tiba hari raya Idul Fitri atau Idul Adha sudah pasti melonjak hingga berkali-kali lipat jumlahnya.

Baca Juga : Cara Mendapatkan Uang Dari Internet Tanpa Modal

Kambing adalah jenis ternak yang mudah dipelihara dan bisa ditempatkan dalam sebuah kandang sempit. Selain itu kambing termasuk binatang herbivora, untuk pakan juga relatif murah, bahkan bisa mencari rumput dan jerami yang ada di sekitaran lingkungan kita.

2. Ternak Ikan Lele

Ternak Ikan Lele

Permintaan ikan lele saat ini untuk di konsumsi sangat tinggi karena kaya akan gizi dan dagingnya yang enak serta empuk. Untuk beternak ikan lele tidak harus dengan lahan yang besar. Cukup menyediakan kolam yang disesuaikan dengan jumlah yang akan di pelihara nantinya.

Tambak lele juga bisa dengan menggunakan peralatan sederhana. Bisa dengan menggunakan kolam yang terbuat dari bahan semen ataupun terpal. Atau bisa juga dengan cara ternak lele bioflok.

3. Ternak Bebek

Ternak Bebek

Bisnis bebek juga termasuk salah satu bisnis modal kecil yang cukup menguntungkan dengan menggunakan lahan sempit. Bebek tidak memiliki sifat agresif dan tidak punya kecenderungan bertarung satu sama lain, sehingga dengan lahan yang sempit pun kita bisa ternak bebek.

Untuk kandangnya juga bisa dibuat dengan modal yang sederhana. Jika tidak punya modal yang cukup, Bisa membuat kandang dari jaring dan cukup beralaskan tanah. Untuk keperluan bebek untuk bersarang atau berteduh, anda bisa membuat rumah dengan ukuran kecil di kandang jaring tersebut.

Untuk jenis bebek Anda bisa memelihara bebek petelur atau pedaging atau keduanya juga bisa tergantung mana yang lebih menguntungkan di tempat anda.

4. Ternak Ayam

Ternak Ayam

Ternak ayam juga bisa dilakukan dengan lahan yang sempit, terutama untuk ayam negeri karna ayam yang satu ini tidak terlalu aktif. Bisnis ternak ayam termasuk bisnis yang menguntungkan dengan modal kecil karena permintaan daging ayam atau telor ayam di pasaran tidak tergantung pada musim. Permintaan pasar untuk ayam sendiri selalu tinggi sepanjang tahun dan harganya juga cukup tinggi.

5. Ternak Ikan Hias

Ternak Ikan Hias

Sampai saat ini budidaya ikan hias menjadi salah satu ternak yang menguntungkan dengan hanya menggunakan lahan sempit. Pecinta ikan hias juga datang dari berbagai kalangan karena selain sebagai salah satu penghias di sudut ruangan juga bisa menghilangkan stress.

Baca Juga : Peluang Bisnis yang Laku Setiap Hari di Pasaran untuk Masa Depan

Ada banyak sekali jenis ikan hias yang bisa dibudidayakan tergantung dari permintaan pasar di tempat anda berada. Mulai ikan mas koki, koi, guppy, cupang, lohan, arwana, discus, dan masih banyak lagi. Nilai jual ikan hias juga sangat tinggi di pasaran. Jika anda bisa membudidayakannya maka keuntungan anda juga semakin tinggi.

Silahkan beri penilaian untuk artikel ini:

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (4 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

Klik icon dibawah untuk Membagikan Tulisan ini

Leave a Comment