Kesalahan Fatal Saat Investasi Emas yang Bikin Anda Merugi

Emas adalah salah satu jenis investasi yang sudah cukup dikenal masyarakat sebagai simbol kekayaan dan logam mulia termasuk investasi untuk melindungi nilai kekayaan.

Emas sendiri merupakan instrumen investasi ‘safe haven, yang berarti nilainya tidak berpengaruh secara signifikan ketika ekonomi dunia sedang bergejolak. Bahkan, nilai logam mulia juga cenderung meningkat dalam jangka panjang dan bisa memberikan keuntungan.

Kesalahan yang Harus di Perhatikan Saat Berinvestasi Emas

Kesalahan Fatal Saat Investasi Emas yang Bikin Anda Merugi

Meskipun investasi emas bisa dikatakan investasi yang relatif lebih aman, Akan tetapi, Anda tetap harus memperhatikan beberapa kondisi agar tidak sampai melakukan kesalahan saat investasi emas. Berikut ini hal-hal yang harus di hindari agar tidak melakukan kesalahan dalam berinvestasi emas.

Baca Juga : Faktor yang mempengaruhi bunga deposito

1. Periksa Kemurnian Emas

Saat Anda membeli emas dalam bentuk perhiasan, Sudah barang pasti dalam emas perhiasan ada campuran logam yang lainnya. Hal ini berbeda dengan emas batangan, di mana kandungan didalam emas batangan hanya menggunakan emas murni tanpa adanya campuran yang
lain.

Jika Anda memiliki tujuan untuk berinvestasi, Kami menyarankan untuk membeli emas batangan supaya terhindar dari kesalahan
investasi emas.

2. Bandingkan Harga Emas

Kesalahan selanjutnya dalam berinvestasi emas adalah, terlalu terburu-buru melakuan pembelian emas. Alangkah baiknya sebelum Anda membeli emas batangan, untuk mencoba membandingkan harga di beberapa tempat yang terpercaya supaya bisa mendapatkan harga terbaik.

Baca Juga : Faktor yang mempengaruhi nilai tukar mata uang

Jangan sampai karna terlalu terburur-buru Anda jadi merugi, karena ada penjual yang nakal dengan menaikkan harga emas terlalu tinggi. Hal ini perlu diperhatikan bagi Anda yang tidak biasa memantau harga emas.

3. Tidak Memiliki Tempat Memadai untuk Menyimpan Emas

Emas merupakan bentuk investasi yang mudah dibawa dan dipindahkan, Hal tersebut membuat logam mulia lebih beresiko hilang atau dicuri.

Saat Anda memutuskan untuk berinvestasi dalam bentuk emas, Maka penting bagi Anda untuk memiliki tempat penyimpanan khusus atau bisa dengan cara menyewa tempat penyimpanan seperti di bank atau pegadaian.

Namun, dengan kemjuan teknologi saat ini sudah ada yang namanya investasi emas secara digital. Di mana untuk melakukan investasi emas dilakukan secara online, tanpa kita harus menyimpan bentuk fisiknya. Investasi emas online dinilai lebih aman karena mengurangi potensi kehilangan dan dicuri oleh orang lain.

4. Memiliki Tujuan yang Salah Saat Berinvestasi

Jangan berinvestasi emas ketika bertujuan hanya untuk gaya-gayaan dijadikan perhiasan agar terlihat menarik. Jika tujuan Anda berinvestasi untuk mendapatkan untung di masa depan, maka sebaiknya Anda membeli emas batangan.

Emas batangan dinilai dapat mendatangkan keuntungan karena tidak dibebankan biaya pembuatan ketika Anda ingin menjualnya kembali.

Itulah kesalahan fatal yang perlu diperhatikan saat akan berinvestasi emas. Emas sendiri termasuk jenis investasi jangka panjang, yang berarti keuntungan berinvestasi emas bisa dilihat setelah minimal 2-5 tahun. Selamat berinvestasi semoga bermanfaat.

Klik icon dibawah untuk Membagikan Tulisan ini

Leave a Comment