4 Jenis Herbal dan Rempah yang Baik untuk Kesehatan Tubuh

Di zaman nenek moyang dulu, obat-obat berbahan kimia masih belum ditemukan sementara sejak dulu, penyakit pastilah ada. Demi memperoleh kesehatan yang baik, biasanya mereka menggunakan herbal dan rempah-rempah yang pada zaman ini digunakan dalam bumbu masakan. Namun tak hanya dapat sebagai cara menjaga kesehatan tubuh, tanaman herbal dan rempah-rempah yang biasa kita temukan di rumah juga dapat menjaga kesehatan otak.

Tanaman Herbal Untuk Kesehatan Tubuh

4 Jenis Herbal dan Rempah yang Baik untuk Kesehatan Tubuh

Berikut ini beberapa tanaman herbal yang bisa dicoba untuk menjaga kesehatan tubuh, rempah-rempah rumahan yang bisa di dapatkan dengan mudah.

  • Kunyit

Kunyit

Rempah yang memiliki nama lain kunir ini diketahui memiliki senyawa kurkumin yang memiliki kelebihan antiradang dan aktioksidan yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh dan otak Anda secara menyeluruh. Menurut penelitian, pada pasien alzheimer terdapat sel kekebalan tubuh yang bernama makrofag. Sel ini menghancurkan zat asing yang masuk ke dalam tubuh. Namun sebab penyakit Alzheimer ini sel tersebut tidak dapat berfungsi dengan baik sehingga menyebabkan plak beta-amyloid yang menumpuk di otak. Penumpukan itulah yang diduga sebagai pemicu keparahan Alzheimer.

Karena mencegah lebih baik daripada mengobati, senyawa yang terdapat di dalam kunyit akan meningkatkan respons dari makrofag untuk membasmi plak-plak beta-amyloid di otak sehingga menurunkan risiko penyakit Alzheimer. Secara sederhana kunyit bekerja dengan menghambat kematian sel-sel saraf di otak serta dapat meluruhkan plak dalam otak.

  • Ginseng

gingseng

Tak hanya kunyit, ginseng rupanya juga memiliki antioksidan yang dapat mencegah peradangan. Senyawa tersebut dikenal dengan genosida. Selain itu juga ada antistres yang bisa meningkatkan suasana hati dan membuat rileks. Terdapat studi yang dilakukan oleh Departemen of Neurology di Clinical Research Institute Korea Selatan. Studi tersebut menunjukan bahwa senyawa yang terdapat dalam ginseng mampu merangsang perkembangan sel-sel otak. Tak hanya itu, senyawa tersebut juga meningkatkan konsentrasi dan juga fungsi kognitif otak.

  • Jahe

Wedang jahe biasanya memang paling asyik dinikmati saat dingin. Namun ternyata khasiat jahe ini tak hanya menghangatkan dan menghilangkan masuk ingin. Ada kajian baru dalam Annals of New York Academy of Sciences. Penelitian tersebut menyebutkan bahwa jahe ternyata memiliki senyawa yang mampu menghambat stres oksidatif dimana hal itu merupakan bentuk dari penuaan seluler. Jahe juga memiliki sifat anti-inflamasi, menurunkan kolesterol dan tekanan darah. Bahkan jahe mampu mengurangi aterosklerosis (penumpukkan lemak di pembuluh arteri). Di dalam rempah jahe rupanya sangat berperan dalam pembakaran lemak, pencernaan karbohidrat serta produksi insulin dan melindungi hati dari efek berbahaya lainnya.

  • Temulawak

Temulawak

Rangsangan cairan empedu di kantung empedu karena kehadiran temulawak dapat membantu proses pencernaan dan bagaimana metabolisme makanan dalam tubuh bekerja. Temulawak juga telah terbukti memiliki manfaat untuk mengatasi perut kembung, melancarkan pencernaan serta meningkatkan nafsu makan.

Semua tanaman herbal tersebut sangat baik untuk kesehatan tubuh dan otak. Seperti kita ketahui otak merupakan organ yang penting bagi tubuh karena berfungsi dalam sistem saraf pusat. Aktivitas yang kita lakukan telah diatur oleh otak. Apabila otak kita sehat, kita mampu bekerja dengan baik dan maksimal. Hal ini tak hanya bisa kita dapatkan dengan olahraga dan berbagai jenis makanan sehat, Dengan mengonsumsi racikan herbal dan rempah bisa menutrisi otak kita.

Dikutip dari Very Well Mind, menurut penelitiannya herbal dan rempah-rempah di atas bahkan bisa mencegah terjadinya penyakit Alzheimer serta dapat meningkatkan kinerja dan fungsi kognitif otak dengan meningkatkan kemampuan berpikir dan analitik, pemahaman serta mempertajam daya ingat yang kita miliki.

Silahkan beri penilaian untuk artikel ini:

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (4 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

Klik icon dibawah untuk Membagikan Tulisan ini

Leave a Comment