Inilah Faktor yang Mempengaruhi Bunga Deposito

Banyak orang yang menyimpan uang dalam bentuk deposito, tentu mengharapkan imbalan dengan bunga yang besar. Namun, umumnya pemilihan produk deposito hanya dinilai berdasarkan perbandingan besar kecilnya suku bunga di beberapa bank yang berbeda. Kebanyakan orang masih jarang sekali yang memahami faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi tinggi rendahnya bunga deposito. Padahal, jika telusuri dan mengetahui hal ini, maka kita bisa menentukan momen-momen yang tepat untuk pembukaan deposito, atau jika suatu bank memberikan bunga yang kurang menguntungkan kita bisa batalkan dan memilih bank yang memberikan keuntungan yang besar.

Inilah Faktor yang Mempengaruhi Bunga Deposito Anda

Nah, sebagai tambahan pengetahuan ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi bunga deposito Anda.

1. Ukuran Besar-kecil Dana Pokok deposito Nasabah

Sudah tidak heran lagi kalau bank akan memberikan bunga yang tinggi bagi setiap nasabah yang menyetorkan dana pokok deposito lebih besar. Misalnya, saat ini kita bisa lihat pada Bank Mandiri dengan tenor 1 bulandan dana pokok nasabah di bawah 1 Milyar, Nasabah bisa mendapatkan suku bunga sebesar 4,25 persen. Namun, jika dana nasabah yang di setorkan lebih dari 1 Milyar dengan tenor yang sama, maka bunga yang bisa di dapatkan sebesar 4.50 persen.

Baca Juga : Cara Memulai Bisnis Online Dari Nol

2. Kebijakan dari Bank Indonesia (BI)

Secara berkala, BI telah mengevaluasi dan menentukan apakah suku bunga akan diubah atau tidak. Suku bunga BI termasuk salah satu acuan utama pada produk-produk keuangan yang berdenominasi pada Rupiah, sehingga keputusan BI tersebut dapat berpengaruh bagi bank-bank umum lainnya yang bisa mendorong perubahan suku bunga bank umum tersebut.

Selain itu, terdapat pula berbagai kebijakan Bank Indonesia (BI) lainnya yang dapat mempengaruhi bunga deposito. Misalnya kebijakan terkait likuiditas dan aturan-aturan perbankan lainnya.

Baca Juga : Peluang Bisnis yang Laku Setiap Hari di Pasaran untuk Masa Depan

3. Persaingan Antar Bank

Ada berbagai jenis bank yang ada di Indonesia. Ada bank BUMN yang sudah dikenal sebagai perusahaan perbankan dengan pangsa pasar terbesar, Misalnya BRI, Bank Mandiri, dan lain-lain. dan Ada berbagai jenis bank swasta nasional yang skalanya berbeda-beda, seperti BCA, Bank Danamon, dan lain-lain. Ada pula jenis bank BUMD seperti Bank Jabar dan bank Jatim. Kemudian, ada pula bank perkreditan rakyat (BPR).

Diantara semua jenis bank-bank itu, bank BUMN mempunyai skala terbesar dan juga jaringan terluas, sehingga mereka tetap dapat menjaring berbagai nasabah meskipun penetapan bunga depositonya rendah. Sebaliknya, jenis bank lainnya juga perlu menetapkan bunga deposito lebih tinggi sehingga dapat menarik nasabah. Apabila di teliti lebih cermat, niscaya akan menemukan Bank yang memberikan bunga tertinggi seperti BPR, disusul oleh bank-bank swasta dan bank BUMD.

Baca Juga : Pengertian Travel Agen Tour Tugas dan Keuntungan dari Bisnis Traveler

Simpanan deposito pada bank BUMN memang dianggap lebih terjamin keamanannya, Akan tetapi bunga yang Anda peroleh boleh jadi lebih rendah. Dengan kata lain, pemilihan bank-bank tempat Anda membuka deposito itu saja sudah dapat menentukan besar-kecilnya bunga deposito Anda.

Silahkan beri penilaian untuk artikel ini:

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (1 votes, average: 5.00 out of 5)
Loading...
Klik icon dibawah untuk Membagikan Tulisan ini

Leave a Comment