Pengertian Website, Domain Name dan Web Hosting Dalam Internet

Salah satu cara untuk membuat omset Anda meningkat adalah membuat bisnis Anda go online, atau dapat diakses di internet. Artinya Anda yang harus aktif jemput bola dengan menjangkau lebih banyak konsumen, hingga ke berbagai pelosok daerah sepanjang internet dapat terakses. Untuk itu tentu Anda harus membangun website untuk mempopulerkan produk Anda. Simak ulasan berikut.

Mengenal Website, Domain, dan Hosting

Pengertian Website, Domain Name dan Web Hosting Dalam Internet

Selain mengunggah produk atau barang dagangan Anda melalui media social, bisnis Anda juga memerlukan website dengan tampilan professional untuk meningkatkan kepercayaan konsumen akan kualitas produk  milik Anda. Apa itu website, domain, dan hosting?  Inilah penjelasan singkatnya.

Website

Secara singkat dapat dijelaskan bahwa website atau situs adalah laman yang tersedia berkat sambungan internet yang dapat berisi informasi, promosi, artikel, foto, video, animasi dan lain sebagainya. Siapa saja yang dapat mengakses internet di seluruh belahan dunia, akan dapat melihat website di mana pun yang dia inginkan, termasuk website bisnis Anda.

Sesuai fungsi dan manfaatnya, beberapa tipe website adalah :

  • Web Perorangan, contohnya Blog Pribadi yang dapat diisi apa saja sesuai kehendak pemiliknya.
  • Web Komersial, website yang memperkenalkan produk atau jasa perusahaan tertentu yang umumnya menyediakan layanan transaksi online.
  • Web Pemerintahan, website ini hanya digunakan untuk kepentingan website pemerintahan resmi, termasuk instansi-instansi yang menangani layanan publik
  • Web Non-Profit, website ini umumnya adalah web yayasan, kampus,sekolah, LSM, dan seterusnya.

Domain

Domain singkatnya adalah identitas suatu website di internet berupa nama unik yang tak dapat digunakan pihak lain, contohnya Facebook.com, Google.com, dan lain-lain. Seperti halnya brand yang hanya ada satu-satunya, yaitu milik Anda. Dalam kalimat yang lebih teknis, domain merupakan nama unik yang berfungsi untuk mengidentifikasi IP address atau alamat web atau email server. Bagi pengguna internet, domain akan memudahkan dalam mengkses server karena tak perlu mengingat deretan angka-angka alamat web.

Domain ditandai dengan deretan kata di belakang, yaitu .com, .net, .org, dan lain-lain. Deretan kata dibelakang tanda “.” (titik/dot) adalah singkatan, yaitu dotcommercial, dotnetword, dotorganization, dan seterusnya. 3 contoh domain di atas adalah yang terpopuler di dunia (top level domain), sementara ada pula Global Top Level Domain serta Country Code Top Level Domain, contohnya, co.id untuk Indonesia, com.my untuk Malaysia, dan sebagainya. Untuk nama-nama domain yang didaftarkan disebut Second Level Domain (SLD) dan Third Level Domain.

Hosting

Hosting dapat diibaratkan sebuah ruangan yang berfungsi untuk menyimpan data-data apa pun yang ada pada website. Saat pengguna ingin membuat website yang dapat dijangkau oleh siapa pun pengguna internet, maka website tersebut harus disimpan pada suatu hosting. Jadi misalnya Anda mengunggah artikel, foto, atau video, data-data tersebut akan ditempatkan pada gudang yang disebut hosting. Spesifikasi hosting sebenarnya cukup banyak, namun beberapa point yang penting adalah:

  • Kapasitas atau ukuran data yang akan ditempatkan pada hosting dalam satuan MB, GB, hingga TB.
  • Bandwith adalah ukuran kuota transfer data yang umumnya dalam durasi bulan. Setiap bulan bandwith akan dikembalikan pada nilai 0.
  • Jumlah database, spesifikasi ketiga ini menentukan berapa banyak database yang dapat ditempatkan pada hosting.
  • Addon domain menentukan berapa banyak domain yang dapat ditambahkan pada hosting.
  • Akun email juga menentukan berapa banyak akun yang dapat Anda buat.

Demikian artikel singkat ini mengenai website, domain dan hosting. Semoga bermanfaat!

Silahkan beri penilaian untuk artikel ini:

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (2 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

Leave a Comment